Apa itu Membership System? Ini Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Apa itu Membership System?
Di dalam suatu bisnis, membership system atau sistem keanggotaan kerap kali digunakan untuk menarik pelanggan dengan berbagai promo menarik. Salah satu promo tersebut adalah kesempatan memperoleh sebuah produk dengan harga yang lebih murah daripada pelanggan yang tidak terdaftar sebagai member. Dan berdasarkan laman Smartinsights, membership system adalah salah satu sistem yang akan membuat pemilik bisnis bisa mempertahankan para pelanggan.

Keuntungan Menggunakan Membership System
  1. Menarik Daya Beli
    Dengan menerapkan membership system yang berdasarkan keanggotaan, setiap pembeli bisa membeli produk dengan harga jual yang lebih rendah. Ditambah dengan banyaknya promo yang menarik, maka akan banyak juga pembeli yang tertarik untuk menjadi anggota.
  2. Angka Penjualan
    Saat Anda memberikan pelayanan dengan menggunakan akses membership, maka akan besar kemungkinan mereka untuk membeli banyak barang karena menggunakan membership agar bisa memperoleh harga produk yang jauh lebih murah. Sehingga, saat pelanggan menggunakan akses membership-nya untuk membeli banyak produk, perusahaan akan semakin memperoleh untung dalam pembelian produk tersebut.
Fungsi Membership
  1. Meningkatkan Loyalitas Customer
    Fungsi utama dari membership system adalah agar bisa meningkatkan loyalitas para klien ataupun pelanggan. Sistem keanggotaan harus diberikan pada pelanggan atau klien pada suatu perusahaan agar tetap setia dan tidak pindah ke perusahaan lain atau kompetitor.
    Status member yang sudah diberikan nantinya bisa digunakan oleh pemiliknya agar bisa memperoleh promo, seperti diskon atau bonus dari perusahaan yang mengeluarkan status keanggotaan.
  2. Media Branding
    Saat setiap anggota sudah merasa senang karena memperoleh banyak keuntungan dari mengikuti program keanggotaan, ada banyak peluang mereka akan menceritakannya pada orang lain. Lalu, dari cerita tersebut akan tercipta citra yang baik pada bisnis Anda, sehingga semakin menarik pelanggan baru dalam jumlah yang banyak. Pasalnya, mereka tidak perlu ragu lagi untuk menjadi klien atau pelanggan perusahaan dengan citra yang baik.
  3. Menjaring Data Konsumen
    Di jaman yang sudah serba digital seperti saat ini, data adalah hal penting yang akan membantu Anda dalam beragam bidang, seperti menjalankan aktivitas untuk menyukseskan usaha dalam kegiatan digital marketing. Dengan memberikan akses member kepada para pelanggan, maka perusahaan secara tidak langsung menyimpan data para pelanggannya. Hal tersebutlah yang bisa berguna untuk menyebarkan informasi terkait promo menarik pada suatu produk. Contohnya seperti mengirimkan email promosi atau mengadakan undian berhadiah khusus untuk anggota membership.
Jenis-Jenis Loyalty Membership

Selain mempelajari fungsi membership system, perlu Anda ketahui bahwa sistem ini memiliki varian yang berbeda. Berikut ini adalah beragam jenis loyalty membership, yang mana penggunanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

  1. Points-Based Loyalty
    Loyalty membership berbasis poin adalah salah satu jenis membership yang sudah dikenal dan diterapkan dari dulu. Jenis membership yang sederhana ini akan memfasilitasi para pelanggan dengan pemberian poin setelah memenuhi beberapa syarat tertentu, seperti melakukan suatu pembelian. Poin yang sudah terakumulasi tersebut bisa ditukar dengan hadiah tertentu sesuai dengan jumlah poinnya.
  2. Paid Loyalty
    Selanjutnya, ada juga loyalty yang berbayar. Secara sistem, pelanggan harus membayar dengan nominal tertentu agar bisa menjadi anggota VIP. Jenis membership ini akan sangat efektif untuk diberikan pada pelanggan yang telah lama setia pada brand Anda. Dengan adanya loyalty berbayar, Anda bisa menawarkan keuntungan eksklusif yang membedakan pelanggan tersebut dengan pelanggan biasa, sehingga akan lebih menguntungkan.
  3. Tiering Loyalty
    Selanjutnya, ada juga loyalty berdasarkan tiering, yang mana sistem ini berkaitan dengan level yang wajib dicapai oleh pelanggan agar bisa memperoleh semacam keuntungan tertentu. Semakin tinggi tingkatannya, maka akan semakin banyak juga keuntungan yang bisa didapat. Sistem ini akan membuat setiap pelanggan berlomba-lomba dalam mencapai tingkat tertinggi agar bisa memperoleh banyak keuntungan dan juga menarik pelanggan lain untuk menjadi anggota.
  4. Engagement Loyalty
    Selain ketiga jenis membership yang berkaitan dengan poin sebelumnya, Anda juga bisa meningkatkan engagement dari para pelanggan dengan bisnis Anda sebagai wujud kedekatan antara kedua belah pihak. Contohnya, Anda bisa berbisnis dalam bidang retail pakaian, loyalty bisa Anda jadikan sebagai program yang memberikan tips untuk berpakaian lebih baik. Sehingga, kegiatan yang dilakukan para pelanggan akan selalu diwarnai dengan ingatan tentang bisnis Anda.
  5. Community Loyalty
    Jenis yang terakhir adalah loyalty komunitas, yang mana jenis ini bisa Anda gabungkan dengan sistem poin atau dengan sistem tiering. Anda bisa menghubungkan lebih banyak pelanggan dengan minat yang sama dalam suatu komunitas agar bisa bertukar pengalaman, pendapat dan pikiran sambil tetap memperoleh beragam keuntungan dari perusahaan melalui sistem membership yang diikutinya.

Sumber:
https://www.bee.id/blog/manfaat-program-membership-untuk-bisnis-anda-2/