Ini Dia Pentingnya Verifikasi Identitas Digital dalam Industri Telekomunikasi

Ini Dia Pentingnya Verifikasi Identitas Digital dalam Industri Telekomunikasi

 

Banyak negara kini sedang berlomba-lomba untuk membangun ekosistem identitas digital yang dapat diakses dan dapat melayani kebutuhan masyarakatnya. Lambat laun identitas ini menjadi sebuah prasyarat untuk masyarakat mengakses layanan publik. Mulai dari mendaftar ke perguruan tinggi, layanan kesehatan, aplikasi, dan tidak terkecuali telekomunikasi.

 

Sektor telekomunikasi memiliki banyak pengguna, terbukti pada tahun 2022 lalu jumlah pengguna kartu Subscriber Identity Module (SIM) di Indonesia mencapai 345,3 juta orang. Sedangkan sudah dari tahun 2017 pemerintah memberikan syarat pendaftaran kartu SIM harus menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) yang disinyalir berguna untuk meningkatkan keamanan pelanggan.

 

Namun besarnya jumlah pengguna kartu SIM berjalan seiringan dengan angka penipuannya yang berkembang sangat tinggi. Bahkan hal ini menjadi perhatian para pengguna ponsel di seluruh dunia. Siapapun tidak ada yang benar-benar aman dari peretasan sistem telepon, pencurian data pribadi, hingga perampokan daring sampai uang korban habis diambil peretas. Malahan penipuan kartu SIM secara digital dapat menimbulkan ancaman yang lebih besar. Peretas dapat memperoleh akses ke informasi apa pun yang terkait dengan kartu SIM mulai dari kata sandi, akses email, hingga data perbankan secara lengkap. Kartu yang disabotase tersebut dapat digunakan oknum tidak bertanggung jawab untuk membuat kejahatan serius seperti pencucian uang, pendanaan terorisme, dan kejahatan finansial lainnya.

 

Beberapa ciri-ciri kartu SIM Anda telah diretas

  • Aktivitas sosial media: Ketika ada aktivitas media sosial yang bukan buatan Anda, menjadi salah satu indikasi utama bahwa komunikasi Anda sedang diretas.
  • Aktivitas telepon dan pesan: Perhatikan apakah telepon dan pesan yang Anda kirim seringkali terkena gangguan dan tidak sampai pada penerima. Bisa jadi peretas telah memblokir SIM lama Anda dan mencoba membuat yang baru.
  • Aktivitas di luar sosial media: Perlu diketahui bahwa akun-akun seperti email, perbankan, dan lain-lain yang tidak berjalan atau bahkan menolak transaksi Anda bisa menjadi tanda bahwa akun sedang mengalami peretasan.
  • Peringatan dari kartu provider: Ketika Anda mendapatkan telepon atau pesan peringatan dari provider jangan diabaikan. Itu dapat menjadi sebuah pertanda bahwa kartu Anda sedang berada dalam masalah.


Cara melindungi diri dari peretasan kartu SIM

  • Membuat verifikasi PIN
  • Menggunakan verifikasi 2 langkah (pin & biometrik)
  • Tidak memberikan informasi pribadi yang sensitif ke media sosial mana pun
  • Rutin memeriksa tindakan keamanan apapun untuk mendapatkan pengaturan keamanan terbaik

 

Faktor lain penyebab peretasan kartu SIM

Kelalaian pengguna seringkali menjadi faktor umum terjadinya peretasan kartu SIM yang berisikan data sensitif penggunanya juga. Namun ada faktor lain yang tidak kalah penting menjadi sumber bahaya ini semua, yaitu kesalahan penyedia layanan seluler yang tidak mengikuti langkah-langkah keamanan yang akan membuat pelanggan mereka 100% aman. Padahal verifikasi yang diperiksa dapat mencegah peretas menyamar sebagai pengguna layanan, membuat SIM dengan nama mereka, dan faktor lainnya karena mereka tidak melewati langkah pemeriksaan keamanan seperti verifikasi nomor plat, nomor jaminan sosial, tanggal lahir, dan lain-lain.

 

Konsekuensi yang dihadapi perusahaan

Ketika penipuan seluler terjadi dalam skala besar, hal tersebut dapat mengurangi kepercayaan terhadap keamanan data pelanggan pada perusahaan penyedia layanan seluler. Ini menjadi alasan pentingnya penyedia layanan bekerjasama dengan perusahaan verifikasi yang terpercaya. Verifikasi yang terpercaya dapat menyiapkan pemeriksaan keamanan identitas untuk melindungi brankas data dari ancaman peretasan dan kejahatan siber lainnya.


Pelanggan yang mengalami kerugian akibat layanan jarak jauh akan menimbulkan perasaan kecewa yang permanen. Tentu hal semacam ini membuat mereka tidak mau lagi menggunakan layanan sejenis. Bukan hanya operator seluler yang kehilangan pelanggannya, tapi juga reputasi mereka menjadi taruhannya. Operator seluler membutuhkan waktu yang lama untuk memulihkan citra mereka.


Operator seluler perlu terus melakukan penelitian, memperkenalkan teknologi yang lebih baru, dan berupaya menyediakan layanan yang aman bagi pelanggan mereka. Pada hal ini perlu adanya peran verifikasi identitas.

 

Beberapa penjelasan mengapa verifikasi identitas mendeteksi dan mencegah penipuan

  • Mematuhi peraturan Know Your Customer (KYC)

KYC adalah proses verifikasi identitas pelanggan kepada perusahaan yang akan disimpan di database perusahaan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko penipuan dari pelanggan ke penyedia layanan dan sebaliknya, mencegah pencucian uang, dan mencegah operator seluler terlibat pendanaan terorisme serta membantu orang yang terpapar secara politik. Beberapa pemerintah mewajibkan regulasi KYC demi keamanan penyedia layanan dan masyarakat.

  • Verifikasi Identitas Digital untuk e-SIM

Pengguna e-SIM melakukan onboard secara digital dapat menggugah swafoto bersama dokumen yang diidentifikasi agar sistem dapat mengecek relevansinya. Sistem yang menjalankan pemindaian akan membandingkan kesamaan swafoto apakah cocok dengan foto pada dokumen yang disediakan.

  • Verifikasi Identitas Digital untuk pembayaran daring

Semakin banyaknya operator seluler yang mengandalkan pembayaran daring, seperti kartu kredit membuka peluang peretas untuk melakukan penipuan. Dengan adanya verifikasi pada setiap transaksi online, perusahaan dapat memastikan pelanggan mereka seperti yang mereka klaim.

  • Verifikasi Identitas Digital untuk login

Verifikasi dua faktor dan biometrik pengenalan wajah, perusahaan akan memiliki keamanan ekstra untuk mengamankan akun pelanggan mereka untuk membangun dan menjaga reputasi perusahaan sebagai penyedia layanan yang aman.


Teknologi yang berkembang kian pesat menyebabkan modus kejahatan yang semakin canggih. Demi menghindari itu semua diperlukan perlindungan terbaik untuk perusahaan Anda. Salah satu solusi terbaik untuk menghindari kerugian pelanggan dan perusahaan adalah verifikasi identitas digital. Kami hadir untuk memberikan jawaban atas segala kebutuhan verifikasi yang mudah, cepat, dan aman. Kunjungi www.idpay.co.id untuk info lebih lanjut.

Sumber:

https://www.bravurasecurity.com/solutions/industry/telecommunications
https://accurascan.com/blog/detail/role-of-digital-identity-verification-in-the-telecommunication-industry
https://getid.com/why-is-identity-verification-essential-in-the-telecom-industry/