Lindungi Perusahaan dan Pelanggan Menggunakan E-KYC

Seiring perkembangan teknologi, perlahan-lahan hidup kita mulai berubah kearah yang serba digital. Digitalisasi jelas mempermudah akses kita terhadap semua keperluan, akan tetapi ini juga menjadi dilemma karena kecanggihan teknologi menghadirkan kejahatan siber. Tidak terkecuali dalam dunia keuangan daring.

Dewasa ini pembelian, pembayaran, maupun pelunasan dapat dilakukan secara daring. bermodalkan aplikasi, ponsel pintar, dan mobile banking Anda dapat membuat perputaran uang yang sangat cepat bahkan dalam hitungan detik. Kemudahan ini menjadi celah bagi penjahat siber untuk mencuri uang Anda melalui transaksi palsu. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab telah hadir cara melindungi konsumen dari kejahatan semacam ini. Salah satu instrumen yang memberikan perlindungan tambahan kepada konsumen ini bernama Electronic Know Your Customer (E-KYC).

Apa itu E-KYC?
Electronic Know Your Customer (E-KYC) merupakan autentikasi identitas elektronik yang bekerja secara otomatis dari jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan. Ketika nasabah sudah terdaftar, lembaga keuangan dapat memantau aktivitas transaksi pelanggan. E-KYC mempermudah proses verifikasi pelanggan karena informasi dan dokumen tersedia dalam bentuk digital, serta data akan segera disinkronisasi dengan database yang mereka percaya. Proses ini dapat selesai dalam hitungan menit, tidak sulit, dan dapat dilakukan dari mana saja.

Bagaimana proses E-KYC?
E-KYC dapat dilakukan dengan sangat cepat dan praktis, berikut langkah-langkahnya:
1. Memfoto dokumen yang telah dipilih, dapat berupa SIM, passpor, atau KTP. Pastikan cahaya disekitar objek cukup terang agar mempermudah mesin membacanya. dokumen dan mengubahnya menjadi teks.
2. Pada tahap ini kecerdasan buatan atau Optical Character Recognition (OCR) melakukan yang akan membaca dokumen Anda kemudian memindai foto menjadi teks sesuai dengan apa yang dibacanya.
3. Melakukan liveness selfie, selfie ini akan merekam wajah Anda dari segala sisi untuk memastikan foto pada dokumen dan pelaku verifikasi adalah individu yang sama.
4. Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan, Anda tinggal menunggu verifikasi selesai. Verifikasi selesai hanya dalam hitungan menit.

Apa manfaat E-KYC?
1. Mengurangi biaya dan mempercepat proses transaksi
Dengan adanya autentikasi data diri otomatis akan mengurangi waktu untuk memasukkan detail nasabah ke berbagai sistem. Dari sisi pelanggan, proses transaksi mereka akan lebih cepat dan efisien karena tidak perlu datang ke tempat.
2. Meningkatkan loyalitas pelanggan, dengan data diri yang telah diverifikasi perusahaan dapat memberikan layanan yang sesuai dengan identitas konsumen. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas, memberikan keamanan ekstra, serta menumbuhkan kepercayaan pelanggan untuk berbisnis dengan perusahaan Anda di masa depan.
3. Mengoptimalisasi proses, E-KYC yang digunakan dalam bidang kesehatan dapat membantu dokumentasi catatan kesehatan. Hal ini dapat memudahkan rumah sakit untuk melacak kepatuhan pasien terhadap pedoman perawatan.
4. Meningkatkan keamanan, perusahaan pemilik E-KYC dapat memonitor transaksi yang dilakukan oleh pelanggannya guna menghindari terjadinya penipuan, pencucian uang, atau kejahatan finansial lainnya.

Sekarang verifikasi data diri dalam transaksi daring dapat dilakukan dalam waktu yang singkat dan mudah. Pelaku usaha pun tidak perlu khawatir nasabahnya mengalami kerugian akibat kejahatan finansial karena perusahaan telah membekali diri dengan E-KYC. IDPAY memiliki solusi atas kebutuhan transaksi cepat, praktis, dan aman, hubungi kami untuk menjawab segala kebutuhan Anda.

Sumber:
https://www.ayoconnect.com/blog/what-is-e-kyc-how-does-work-why-important
https://www.hyperverge.co/blog/what-is-automated-ekyc#:~:text=Increased%20Security,in%20a%20few%20simple%20steps.